Penanganan barang bawaan tamu

Tugas sekolah. PARIWISATA
SMA N 1 ANYAR
X MIIA 3


Teknik Umum Penanganan Barang Bawaan Tamu


          Penanganan barang bawaan tamu harus dilakukan dengan hati-hati dan diperlakukan dengan perhatian khusus. Hal ini sering dikenal dengan istilah Handling with care. Ada beberapa alasan mengapa barang tamu memerlukan penanganan khusus.


1. Expense
Barang-barang tamu memiliki nilai yang sangat tinggi dilihat dari segi biaya maupun non-materi. Nilai tersebut disebut Expense (biaya/ongkos). Namun demikian dalam memperlakukan barang, petugas tidak boleh hanya memandang dari sudut pandang mahal dan tidaknya barang. Semua barang tamu harus diperlakukan dengan tingkat kehati-hatian yang sama.


       2. Limiting Expenses
Penanganan dan perhatian yang baik dapat menekan cost. Bila bellboy tidak hati-hati dalam menangani barang-barang milik tamu sehingga terjadi kerusakan barang maka hotel harus bertanggung jawab dan mengganti barang tersebut dengan catatan berapa persen dari nilai barang tersebut.

   Ada berbagai metode penanganan barang bawaan tamu, atau disebut sebagai Handling Methods :
   1. Lifting
Lifting adalah teknik mengangkat barang tamu. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mengangkat barang bawaan tamu adalah dengan memeriska tanda yang terdapat pada kemasan barang tersebut.
Bellboy harus memperhatikan kondisi barang dan tanda penanganan barang
 
    2. Stacking
Stacking adalah  teknik meletakkan atau menumpuk barang dengan cara yang benar dan tepat untuk menghindari kerusakan atau keretakan pada barang. Berikut ini prinsip-prinsip yang benar dalam menumpuk barang:
a. Menumpuk dan Meletakkan tas/barang yang paling keras dibagian bawah.
b. Menumpuk dan Meletakkan tas/barang yang paling tebal dibagian bawah.
c. Menumpuk dan Meletakkan tas/barang yang paling besar dibagian bawah.
Teknik meletakkan barang tersebut harus mendapatkan perhatian sepenuhnya dari bellboy. Ketika meletakkan barang pada bellboy trolley, pada bagasi mobil/taksi/bus 


Kurang lebih mohon maaf, jika tugas ini benar yah alhamdulillah, tapi kalo salah, yah ditanggung pemenang ^_^

semoga bisa membantu

contact admin,
Faceebook Rizky Imam
Twitter @Rizky_imam

Regards, MONSTERKIDS

Perbedaan Tugas Bellman didua hotel yang berbeda

Tugas sekolah. PARIWISATA
SMA N 1 ANYAR
X MIIA 3


Bellman/Bellboy


Bellman Sering disebut juga sebagai Uniformed Service. Uniformed service merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam operasional suatu hotel, terutama untuk menciptakan citra yang positif terhadap hotel. Hal ini dikarenakan karena tamu hampir selalu berhubungan dengan bagian  ini, dimulai dari kedatangan, selama tinggal, dan ketika meninggalkan hotel.
Pada hakekatnya fungsi bagian Bellman dan Uniformed service mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama hanya berbeda istilahnya. Pada organisasi hotel besar yang memiliki jumlah kamar  yang banyak dan memilki sistem pelayanan yang spesifik, maka Organisasi Bagian Bellman ini atau Uniformed Service merupakan suatu  Bagian yang berdiri sendiri sebagai sebuah Departemen. Di hotel sedang atau hotel menengah organisasi bagian ini merupakan salah satu seksi dari Departemen Front Office (Kantor Depan). Sedangkan di hotel kecil organisasi bagian Bellman biasanya merupakan sub seksi dari seksi Penerima Tamu (Reception) Secara garis besar, ruang lingkup dari bagian Bellman adalah sebagai berikut :

  • ·         Menyambut tamu di pintu utama
  • ·         Memberikan pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
  • ·         Memberikan pelayanan penjemputan dan pengantaran tamu dari dan ke Bandara, stasiun, pelabuhan ataupun terminal
  • ·         Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
  • ·         Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
  • ·         Mengantar tamu ke meja pendaftaran 
  • ·         Mengantar tamu ke kamar 
  • ·         Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar 
  • ·         Melaporkan kejadian-kejadian yang tidak biasa terjadi 
  • ·         Mengantar surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
  • ·         Menjaga lobby tetap bersih dan rapi 
  • ·         Menggudangkan/ Menangani Penitipan barang bawaan tamu 
  • ·         Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands)



Perbedaan Tugas Bellman di Dua Hotel Yang Berbeda

Pada hotel berbintang 5, setiap departement departementnya melakukan tuganya masing masing masing, begitupun Seorang bellman,.
Tugas seorang bellman pada masing masing hotel sudah pasti berbeda, tergantung dari tingkat dan fasilitas yang dimiliki hotel tsb.
Berikut kami menjelaskan tugas seorang bellman didua hotel yang tingkatan BINTANGnya berbeda,..

A.      Bellman dihotel Hotel berbintang 5 seperti di Hotel Marbella Anyar Melakukan tugas antara lain :
  1. Memberikan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
  2. Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
  3. Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
  4. Mengantar tamu ke meja pendaftaran 
  5. Mengantar tamu ke kamar 
  6. Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar 
  7. Melaporkan kejadian-kejadian yang  tidak biasa terjadi /Mencurigakan
  8. Mengantarkan surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
  9. Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands), dan jika diluar kemampuannya,  bellman akan menyampaikannya kepada departement yang bersangkutan

B.      Sedangkan bellman dihotel berbintang  2 seperti Hotel _______ melakukan tugas antara lain :
  1. Memberikan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
  2. Membukakan pintu mobil tamu
  3. Memarkirkan mobil tamu
  4. Menjemput/mengantarkan tamu dari dan menuju bandara/stasiun transportasi lainnya
  5. Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
  6. Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
  7. Mengantar tamu ke meja pendaftaran 
  8. Mengantar tamu ke kamar 
  9. Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar 
  10. Melaporkan kejadian-kejadian yang  tidak biasa terjadi /Mencurigakan
  11. Mengantar surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
  12. Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands), dan jika diluar kemampuannya,  bellman dapat menyampaikannya kepada departement yang bersangkutan
  13. Membantu mencarikan tamu yang dicari karena dihubungi oleh rekannya
  14. Mencarikan tamu yang hilang




Kesimpulan

Dari keterangan diatas kami bisa menyimpulkan bahwa :

        Tugas seorang bellman dim masing masing hotel akan berbeda, tergantung pada skala/ukuran hotelnya.

Dalam hotel berskala besar, seorang bellman hanya mealakukan tugas dasarnya saja, seperti membawakan barang bawaan tamu, mengantar tamu kekamar hotel, dan menjelaskan tentang cara mengoprasikan barang yang mungkin asing bagi tamu tsb,. akan tetapi berbeda halnya dengan hotel berskala kecil/menengah, seorang bellman harus dituntut untuk melakukan pekerjaan multitasking, dalam artian selalu mengerjakan tugas-tugas disaat ada tugas yang harus dikerjakan meskipun bukan pekerjaan dasar seorang bellman, seperti memarkirkan mobil, mengantarkan/membantu tamu menaiki lift, ataupun membukakan pintu mobil, yang pada dasarnya bukan pekerjaan seorang bellman melainkan department lain seperti doorman dan Operator Lift


Kurang lebih mohon maaf, jika tugas ini benar yah alhamdulillah, tapi kalo salah, yah ditanggung pemenang ^_^

semoga bisa membantu

contact admin,
Faceebook Rizky Imam
Twitter @Rizky_imam

Regards, MONSTERKIDS