Home » » Penyebab dan Cara mengatasi CPU usage 100%

Penyebab dan Cara mengatasi CPU usage 100%

Penyebab dan cara mengatasi CPU Usage 100%



MonsterKids21 blog's - CPU Usage 100% pada komputer adalah hal yang umum
terjadi setelah penggunaan yang sekian lama.

         Hal ini bisa terjadi karena terlalu tinggi dan terus menerus CPU harus menyelesaikan permintaan proses sehingga memakan resource hingga mencapi usage maksimal alias 100%.

        Jika Anda memang sedang menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sih mungkin wajar
saja. Namun yang menjadi masalah adalah jika komputer masih dalam keadaan idle saja CPU Usage sudah tinggi,dan tiba tiba melonjak menjadi 100% hanya karena membuka explorer.
       Kalau sudah begini komputer tidak lagi bersahabat,performance menjadi lambat dan sering hang karena prosesor kepanasan.

      Jika Komputer anda mengalami masalah CPU USAGE 100% seperti ini,jangan didiamkan saja karena
akibatnya bisa merembet merusak hardware tertentu, (terutama Processor karna auhu terlalu panas). Segera lakukan tindakan agar kerusakan tidak menjadi lebih parah lagi.

    Cara mengetahui CPU Usage caranya buka windows task Manager dengan shortcut tombol keybord juga bisa.Tekan secara bersamaan Alt + Ctrl + Del,maka akan tampil Task manager lalu pilih tab Performance, pada keadaan wajar biasanya CPU usage berada pada posisi 5% sampai 75%

Tapi Bagaimana Jika grafik performance CPU Usage selalu 100% atau grafik tidak pernah terlihat turun (grafik hanya mendatar diatas), walaupun kita tidak sedang menjalankan aplikasi apapun?....

     Hal tersebut bisa dipastikan bahwa ada yang bekerja sendiri dibelakang layar, sehingga CPU
melakukan proses secara terus menerus atau karena sebab yang lain.Inilah yang menjadi sumber
permasalahan komputer yang akan kita bahas kali ini.

     Beberapa permasalahan yang paling sering menjadi penyebabnya adalah registry error,terpapar banyak program jahat/malware,service & startup program yang berjalan,banyak terjadi kerusakan pada file windows/corrupt dan sebagian lagi karena hardware. Sebelum melakukan langkah perbaikan dan pengecekan, pastikan dulu kalau memory RAM masih dalam keadaan Normal artinya kapasitas memori fisiknya nya masih sesuai sehingga dapat disimpulkan permasalahan bukan pada memory RAM.

nah selanjutnya keIntinya nih,,,,,,

langkah mengatasi CPU Usage 100% :

    Cara PALING UTAMA YAITU MEMATIKAN PROGRAM yang berjalan denggan keadaan memakan MEMORY USAGE dan CPU USAGE terbesar(dan yang pasti tidak begitu diprlukan)..

Biasanya pada windows terdapat perogram yang bernama SVCHOST.EXE, dan berjalan dengan bukan hanya 1 program, bahkan bisa sampai 7 program yang bernama SVCHOST.EXE berjalan dalam waktu yang bersamaan, (kemungkinan virus dan SVCHOST palsu).

  1. Buka task manager, CTRL+ALT+DELETE
  2. Lihat ke tab PROCESS
  3. Cari program yang bernama SVCHOST.EXE
  4. Jika ada banyak, kill/matikan salah satu (yang asli program windows hanya 2-3)
  5. kill yang processnya memakan memmory usage dan CPU Usage besar dengan cara klick kanan pada program yang mau di matikan, klick end process, kalau ada peringatan klick YES




Note: Jangan salah KILL nanti malah komputernya minta restart, jika komputer minta restart langsung buka RUN (Start>Run atau Win+R) ketikkan "shutdown -a" tanpa kutip. Langsung enter/oke.




JIKA BELUM BERHASIL/MENEMUKAN VSCHOST.EXE yang DICURIGAI

Lakukan penanganan masalah berurutan seperti berikut agar CPU usage kembali normal:


  1. Cek suhu dari CPU menggunakan software yg tersebar diIInternet(saran Speed fun),pastikan suhu CPU dalam keadaan normal antara 45 derajat - 55 derajat.Jika suhunya lebih tinggi,coba periksa kinerja dari fan CPU. Bersihkan dan kalau perlu dilumasi.
  2. Scan dengan software antivirus terbaik yang ada,atau antispyware.Jangan beranggapan bahwa komputer anda baik baik saja dan tidak menyimpan malmware.Program program seperti malware ini otomatis berjalan di belakang sehingga banyak memakan resource karena flood permintaan kepada unit prosesing.
  3. Matikan program startup yang tidak terlalu penting,atau program lain yang berjalan dibelakang namun tidak terlalu dipergunakan.Cara melihat service dan startup program yang berjalan adalah dengan cara klik Run > ketikkan msconfig > coniguration dan pilih tab service/startup.Anda bisa mengurangi beberapa startup yang anda anggap tidak penting dengan cara unchek dan ok.Namun jangan asal mematikan service jika tidak tahu benar fungsinya.
  4. Clean Registry error: Karena pemakaian komputer yang terlalu lama atau kesalahan dalam mengoperasikan komputer,registry error akan selalu ada dan ini akan mengganggu kinerja computer.Bersihkan registry error dengan menggunakan bantuan fix program yang banyak tersedia.Fix program yang sudah banyak dikenal misalnya Tune Up Utility ataupun CC Cleaner.
  5. Jika cara cara diatas tidak membuahkan hasil,cobalah memeriksa svchost.exe dan menghentikan proses dengan cara > Klik Start > Run >ketikan services.msc > Cari DNS Client, Klik kanan dan pilih Properties > Klik kotak drop-down di Startup type > Pilih Manual, klik Apply/Ok > Restart.Jika CPU USAGE masih saja 100%,kembalikan settingan tadi seperti semula.
  6. Kelima cara diatas tetap tidak memberikan hasil,mungkin anda perlu software yang bernama procces Tammer.Program ini sangat aman karena berjalan secara otomatis untuk mematikan dan memprioritaskan hanya untuk proses yang diutamakan saja.Process Tamer adalah sebuah program kecil yg efisien dan akan berjalan dibelakang agar anda bisa memonitor proses yang sedang dijalankan.Anda bisa melakukan penyetelan untuk memprioritasakan beberapa proses yang dianggap penting,bisa diberikan prioritas low,normal atau high.


Download Procces Tamer Disini

     Selain cara yang keenam,adalagi cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara menghapus beberapa key
melalui registry Editor.Namun cara ini tergolong beresiko jika anda tidak paham betul dengan
program.Sebaiknya perlu dipertimbangkan jika memilih cara ini.


Yang terakhir jika sampai langkah keenam diatas tidak mendapatkan hasil,kemungkinan besar
banyaknya file system yang error/corupt atau bahkan hilang akibat virus dan lain lain.Umumnya hal ini
akan ditandai dengan CPU Usage 100% ,kinerja yang sangat lambat,sering error dan bahkan hang.
Maka sepertinya anda perlu untuk melakukan langkah pamungkas untuk mengatasi hal ini yaitu
melakukan Inul (Instalasi ulang) Operating system komputer.


Semoga membantu sobat semua :)

Regards, MonsterKids
kontak, @Rizky_imam

Tag: Penyebab dan cara mengatasi CPU Usage 100%, CPU 100%, mengatasi CPU 100%, komputer lemot, cara mengatasi komputer lemot, cara mengatasi komputer yang lembat, mengatasi CPU yang panas

34 Comment:

  1. ini dia yang aku cari....gara gara tu mareware...prosesor core i 3 ku hangus dah kepanasan ngak dapat konek lagi...txh sob

    ReplyDelete
  2. thank you mas bro!

    ReplyDelete
  3. terbaik nih postingannya, thanks ya om.

    ReplyDelete
  4. Lengkap kap kap kap kap..Thank's Berat Om..

    ReplyDelete
  5. Keren Om..Trima kasih banyak.. Gut lak yak Om :)

    ReplyDelete
  6. mau tanya sedikit gan. gimana cara mengetahui "svhost" yang palsu. saya takut banget ntr berpengaruh sama system.
    bisa minta solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo itu saya juga belum tau, inikan cuma end task jadi bukan ngapus.. paling kalo yg asli yg ke end task komputer akan meminta untuk reebot

      Delete
    2. gan/sist hacker style.
      wakt itu ane pernah dikasih tau oleh master saya.
      klo gk salah svchost.exe yang palsu, dijalankan oleh USER, bukan SYSTEM maupun LOCALSERVICE/NETWORK SERVICE.

      biasanya svchost.exe yang dijalankan oleh USER, terdapat virus/malware di PC anda yang telah masuk ke SYSTEM WINDOWS..
      solusinya INUL (Instalasi Ulang) Windows anda..

      Semoga membantu...

      Delete
    3. iya sip gan Rafie setyawan, tapi untuk memutuskan inul saya kira terlalu berlebih :D tapi itu terbaik (y)

      Delete
  7. Thanks bgt Om keren sukses deh (Y)

    ReplyDelete
  8. kalo di end process tpi di denied gmn dong min? kasi pencerahan dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan terlebih dahulu yang di end process adalah svchost yang MEMAKAN CPU usage terbesar, file system memiliki ciri tidak akan lebih dari 70-80 cpu usagenya, jadi yg lebih dari itu coba untuk kill

      Delete
  9. sangat membantu!!! terima kasih

    ReplyDelete
  10. mantap gan langsung turun %..............makasih

    ReplyDelete
  11. mantap gan,,,,,, turun %....terima kasih

    ReplyDelete
  12. gan gw dah berhasil menurun kan cpu usage dengan meng "Kill" SVCHOST.EXE tapi masalahnya setiap meng kill bagian tersebut gw kagak bisa konek ke internet. ada solusinya gan

    ReplyDelete
  13. kalau proses spu berkisar 70 - 80 % itu, masih normal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok gan, asal naik turun aja ;)

      Delete
  14. di komputer saya akhir-akhir ini program tertentu jadi memakan CPU banyak. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  15. Gan kalo yang 100% disknya gimana tuh?

    ReplyDelete
  16. mantap gan tips nya,,langsung normal...mulanya hampir bingung tp pas asal aja hapus yg makan cpu banyak langsung hentikan segera

    ReplyDelete
  17. goyang inul cara terakhir, keren banget post nya. tanks infonya gan

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan santun.

-Jngan Out Of Topic.
-Jangan menaruh link aktif
-Dan yg penting jangan SPAM